Setelah itu, pikirkan semua tujuan yang ingin anda capai dalam hidup.apakah anda ingin punya lebih banyak waktu untuk keluarga?,mendapatkan pekerjaan yang lebih cocok?,mencari hobi baru?,membaca buku?,menulis buku? Berikutnya,tentukan tujuan mana saja yang paling penting bagi anda.pastikan bahwa tujuan itu sejalan dengan nilai-nilai anda. sebagai contoh,jika anda menetapkan tujuan untuk menjadi kaya raya sedangkan nilai anda adalah keluarga ,sudah pasti anda akan mengngalami konflik.
Sekarang,untuk tujuan-tujuan yang telah anda pilih,pikirkan sejumlah kegiatan yang akan membantu anda mencapai setiap tujuan.Contohnya, jika salah satu tujuan anda adalah menurunkan berat badan,maka berolahraga adalah kegiatan yang dapat membantu mencapai tujuan itu.
Setelah mengenali kegiatan apa saja yang akan anda lakukan untuk mengisi hari-hari anda,tantangannya adalah menerapkan teori yang optimistis ini kedalam praktek nyata.
Saran -saran berikut mungkin bisa membantu.
1. BUATLAH DAFTAR TUGAS HARIAN
Susunlah tugas-tugas secara berurutan. tandai yang patut diberi lebih banyak waktu.contreng yang sudah selesai.pindahkan tugas yang blum selesai ke daftar tugas besok.
2. SINKRONKAN KALENDER-KALENDER ANDA
Jangan sampai anda melupakan suatu janji gara-gara itu cuma ada di kalender yang satu lagi.jika anda memiliki satu kalender di komputer dan kalender lain di ponsel, priksa apakah bisa menyinkronkan keduanya.
3. TULISKAN RENCANA KERJA
Yang mencakup semua langkah yang diperlukan untuk mengerjakan suatu proyek,dan susunlah dengan urutan yang benar.
4. UMUMNYA DAHULUKAN TUGAS YANG TERPENTING
Anda akan lebih mudah mencari waktu untuk hal-hal yang kurang penting.
5. TETAPKAN TUJUAN YANG ADA DALAM KENDALI ANDA
Lebih realistis jika anda berupaya meningkatkan keterampilan kerja daripada berupaya menjadi presiden direktur perusahaan.
6. AKUI BAHWA MUSTAHIL ANDA MEMILIKI WAKTU UNTUK SEGALANYA
Utamakan kegiatan yang membuahkan hasil terpenting.alokasikan sebanyak mungkin waktu untuk kegiatan-kegiatan yang anda rasa sangat bermanfaat sesuai dengan tujuan anda.
7. BUATLAH JURNAL WAKTU
Untuk mengetahui kemana saja larinya waktu anda,catat setiap kegiatan anda selama satu atau dua minggu.apakah banyak waktu habis untuk kegiatan yang tidak penting.singkirkanlah kegiatan-kegiatan yang tanpa disadari telah memboroskan waktu anda.
8. BUAT JADWAL YANG TIDAK TERLALU PADAT
Jika anda berencana untuk berbelanja makanan,menonton tv,memperbaiki mobil, mengundang tamu dan nonton vilem,semua dijejalkan dalam satu hari anda akan merasa dikejar-kejar dan pasti tidak akan menikmati apa-apa.
9. KURANGI GANGGUAN
Tandai sjumlah waktu tertentu setiap hari yang tidak bleh diganggu kecuali benar-benar perlu.jika mungkin matikan telfon pada waktu tersebut.matikan juga pengingat elektronik yang sering muncul tiba-tiba jika itu bisa mengganggu pekerjaan anda.
10. JADWAL PEKERJAAN TERSULIT PADA JAM-JAM KETIKA ANDA PALING ENERGIK DAN TANGGAP.
11. LAKUKAN TUGAS YANG PALING TIDAK MENYENANGKAN SESEGERA MUNGKIN
Begitu tugas itu beres ,anda akan merasa lebih bersemangat untuk mengerjakan kegiatan lain yang tidak begitu sulit.
12. SISIHKAN WAKTU UNTUK HAL YANG TIDAK TERDUGA.
Kalau anda merasa bisa tiba disuatu tempat dalam waktu sekitar 15 menit ,tambahkanlah menjadi 25 menit.jika menurut anda suatu pertemuan akan berjalansatu jam,luangkan satu jam 20 menit dalam satu hari, jadwalkan waktu kosong.
13. MANFAATKAN WAKTU TRANSISI
Dengarkan musik atau mendengarkan berita sembari bercukur baca sesuatu sementara menunggu atau duduk di bus.tentu,anda bisa saja menggunakan waktu itu untuk bersantai . Tapi jangan menyia-nyiakannya lalu mengomel belakangan.
14. TERAPKAN ATURAN 80/20
Apakah sekitar 2 dari 10 pekerjaan dalam daftar tugas anda merupakan yang pling penting? dapatkan suatu pekerjaan dianggap selesai setelah anda membereskan aspek-aspeknya yang pling penting saja?
15. JIKA MERASA KEWALAHAN,
Tuliskan setiap tugas di selembar kartu kecil,. lalu, bagi kartu-kartu menjadi dua kelompok.hari ini dan besok.,lakukan hal yang sama kesokan harinya.
16. SECARA BERKALA,AMBIL WAKTU ISTIRAHAT UNTUK "MENGISI BANTRE ANDA"
Bekerja lagi dengan lagi dengan pemikiran dan tubuh yang segar bisa lebih produktif daripada berjam-jam kerja lembur,.
17. BERFIKIRLAR DI KERTAS
Tuliskan suatu problem ,uraikan knp hal tersebut mengganggu anda,dan daftarkan sebanyak mungkin solusinya yang terpikirkan.
18. JANGAN JADI PERFEKSIONIS
Ketahuilah kapankapa waktunya untuk berhenti dan berpindah ke kegiatan penting berikutnya.
19. BERJALAH SECARA PROFESIONAL
Jangan tunggu suasana hatiyang pas, mulai saja bekerja.
20. BERSIKAPLAH FLEKSIBEL
Ini hanyalah saran bukan aturan kaku. coba-coba dan cari tahu mana yang paling efektif,dan sesuai dengan keadaan dan kebutuhan anda.
**Gagasan ini kurang lebih didasarkan atas ide seorang ekonom italia abad ke 19 bernama VILFFREDO PARETO dan juga dikenal sebagai prinsip PARETO.Diamati ,80 % hasil seringkali berasal dari 20% upaya. penerapannya sangat banyak ,tetapi ini contoh sederhananya : saat menyapu lantai ,sekitar 80% kotoran yang dibersihkan kemungkinan besar berasal dari 20 % luas lantai ,yaitu bagian yang sering dilewati orang.